Pembelajaran via online membuat banyak pihak turut membantu para peserta didik dan tenaga kependidikan agar proses pembelajaran tetap berlangsung. Salah satunya adalah Telkomsel. Yang mana, operator terbesar di Indonesia ini menawarkan kuota pelajar Telkomsel yang bisa didapatkan oleh para siswa dan juga tenaga pengajar.

Telkomsel ikut ambil bagian dalam merealisasikan program yang digagas oleh Kemendikbud. Hal paling menarik adalah, kuota pelajar Telkomsel yang ditawarkan tergolong sangat murah. Bahkan, nyaris gratis. Karena Anda hanya perlu membayar Rp. 10 saja untuk memperoleh kuota internet 10 GB.

Pengertian Kuota Pelajar Telkomsel

Sebagaimana namanya, kuota belajar ini merupakan paket data. Yang notabenenya adalah gabungan antara conference dengan ilmupedia. Adapun fungsinya sama saja dengan kuota biasa.

Yakni, bisa Anda gunakan untuk mengakses portal atau website, e learning kampus, aplikasi pendidikan, yang tergabung ke ilmupedia. Hal ini sebagaimana yang ada pada website resmi milik Telkomsel. Anda dapat menggunakannya untuk belajar. Baik untuk membuka aplikasi Rumah Belajar, Google Classroom, Ruang Guru, Kelas Pintar, Zenius, Quipper, Duolingo, Udemy, Smartpi, Sekolah.mu, hingga Cakap dan Bahaso.

Sehingga, Anda tetap bisa belajar meski hanya dari rumah saja. Selain itu, kuota belajar Telkomsel tersebut juga bisa Anda gunakan untuk mengakses kipin School 4.0, Cisco Webex , Cambridge Assessment English, UMeetMe , video meeting, Microsoft Teams , Google Meet.  pahamify, Zoom,  edukasi birru, CloudX , hingga aplikasi-aplikasi lainnya.

Bahkan, kuota ini juga memungkinkan untuk Anda gunakan mengakses aplikasi chat. Wa dengan Line misalnya.

Untuk cara mendapatkan kuota belajar Telkomsel ini tergolong mudah. Anda hanya perlu mengisi formulir saja.

Yang mana, ini akan membuat Anda memperoleh kartu perdana internet merdeka belajar secara gratis. Sementara jika ingin mengaktifkan kuota internetnya, bisa Anda lakukan lewat aplikasi MyTelkomsel, layanan SMS, ataupun UMB.

Cara Aktivasi Kuota Belajar

Dalam mengaktivasi kuota belajar ini, Anda bisa meski memastikan bahwa Anda mempunyai kuota utama, dan tidak memakai VPN.

Dan jangan lupa juga untuk memastikan bahwa Anda sudah terdaftar lewat kampus ataupun sekolah pada Data pokok pendidikan, atau yang bisa kita kenal dengan Dapodik kemendikbud, dengan status yang masih aktif. Berikut adalah dua cara aktivasi kuota belajar Telkomsel yang bisa Anda coba.

Aktivasi Melalui UMB

Adapun cara aktivasi pertama adalah dengan menggunakan UMB. Yang mana, cara aktivasi satu ini merupakan cara yang banyak sekali dilakukan atau digunakan oleh para siswa, mahasiswa, hingga tenaga kependidikan. Karena memang sangat mudah ya.

  1.     Buka aplikasi telepon pada ponsel Anda.
  2.     Kemudian, ketikkan *363*844#.
  3.     Pilih yang Rp. 10 GB kuota belajar.
  4.     Maka, Anda akan memperoleh pemberitahuan yang isinya adalah link untuk aktivasi paketnya lewat aplikasi MyTelkomsel.
  5.     Kemudian, tinggal konfirmasi saja pembelian dengan pembayaran.
  6.     Selesai.

Aktivasi Lewat Aplikasi

Sebelum melakukan cara aktivasi kuota belajar Telkomsel satu ini, Anda perlu mendownload aplikasi MyTelkomsel terlebih dahulu. Apabila sudah, langsung ikuti langkah-langkah mudahnya berikut.

  1.     Buka aplikasi yang sudah Anda download.
  2.     Kemudian, pilih saja menu belanja atau shop.
  3.     Pilih menu internet.
  4.     Lalu, pilih lagi yang menu pendidikan.
  5.     Pilih kuota belajar Rp. 10
  6.     Konfirmasi.
  7.     Selesai.

Sekarang Anda sudah bisa menggunakan kuota tersebut untuk mengakses berbagai hal yang terkait dengan pendidikan Anda. Itulah dia beberapa hal mengenai kuota internet Telkomsel. Semoga bermanfaat.